Gunakan Handbrake Saat Mengalami Rem Blong


Rem menjadi komponen yang paling vital untuk kendaraan, sampai-sampai wajib hukumnya untuk mengawal performa rem dalam situasi terbaik. Kalau tidak, potensi terjadinya rem blong sangat barangkali terjadi. 

Instruktur dan Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, menjelaskan, rem blong dapat terjadi sebab pedal rem kehilangan desakan --diinjak ngelos, yang disebabkan dari komponen-komponen rem laksana kampas rem berakhir hingga adanya kebocoran. 

Bila merasakan rem blong ketika mengemudi, Jusri meminta pengendara tenang dan konsentrasi untuk mengerjakan perlambatan dengan segala kesempatan yang ada. Jangan lupa pun untuk mengobarkan lampu hazard sampai-sampai pengendara di dekat tahu bahwa kita dalam situasi darurat.

Bila rem dirasa benar-benar tak dapat diandalkan, kerjakan teknik perlambatan mengandalkan engine brake. Caranya pindahkan posisi gigi ke yang lebih rendah. 

Bila perlambatan belum dirasa cukup, pengemudi dapat melakukan observasi guna memanfaatkan gundukan pasir, semak-semak, atau objek-objek yang dapat memperlambat laju kendaraan. 

“Jauh lebih aman bila properti yang bobrok dibanding nyawa anda yang terancam. Mobil parkir juga dapat meredam kecepatan, tapi tidak boleh tabrakkan secara frontal namun digesekkan, karena bila frontal justeru fatal,” ujar Jusri.

Rem Tangan

Soal pemakaian rem tangan untuk mengerjakan perlambatan ketika rem blong, Jusri tak menganjurkannya. Sebab, teknik ini memerlukan keterampilan mengemudi di atas rata-rata.

“Jika asal tarik rem tangan pada situasi darurat, dapat menimbulkan masalah baru lainnya. Mobil dapat mengalami oversteer, dan kian kacau. Masih bagus bila mobil tersebut sedan, coba bila bukan sedan, dapat terbalik, dan terguling,” ujar Jusri.

“Jadi hati-hati memakai rem tangan, sebab didesain guna parkir bukan guna rem darurat. Namun bila telah ahli, rem tangan dapat digunakan pada situasi itu,” katanya. 

Siapapun pengemudi tidak terdapat yang mau merasakan rem blong, sampai-sampai lebih baik guna rutin memeriksa dan mengasuh komponen rem supaya selalu prima.
Gunakan Handbrake Saat Mengalami Rem Blong Gunakan Handbrake Saat Mengalami Rem Blong Reviewed by akbar on 11.09 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.