Perlukah Antioksidan Tambahan dari Suplemen?

Saat ini, tidak sedikit sekali topik dan kupasan mengenai antioksidan. Ya, dengan ditemukannya radikal bebas sebagai di antara pemicu penuaan dan tidak sedikit penyakit kronis, maka keperluan untuk mengurangi laju radikal bebas juga semakin meningkat.

Antioksidan ialah salah satu solusi menanggulangi tingginya tingkat radikal bebas yang dapat hadir pada tubuh seseorang. Belakangan ini, riset tentang antioksidan bermunculan, sekian banyak  macam makanan kaya antioksidan juga ditemukan. Tak lepas dari itu, tidak sedikit suplemen yang berisi antioksidan mulai ditawarkan di pasaran.

Namun, benarkah suplemen antioksidan diperlukan?

Tubuh memproduksi antioksidan sendiri

Sebenarnya, tubuh memiliki keterampilan untuk menghasilkan antioksidannya sendiri dan menanggulangi radikal bebas. Salah satu antioksidan yang didapatkan oleh tubuh di antaranya ialah gluthathione. Gluthatione ini dapat menolong mengubah sekian banyak  macam radikal bebas menjadi format yang tidak berbahaya untuk tubuh, sebelum kesudahannya radikal bebas tersebut dikeluarkan oleh tubuh melewati sistem detoksifikasi.

Lalu guna apa suplemen antioksidan?

Kalau tubuh dapat memproduksi antioksidan sendiri dengan gluthatione, kenapa masih tidak sedikit yang menawarkan suplemen gluthathione di luar sana?

Tingginya radikal bebas yang bisa diserap oleh tubuh seseorang dari lingkungan, makanan, dan sinar matahari ketika ini semakin meningkat. Sayangnya, dengan gaya hidup masa sekarang yang ingin kurang aktif dan konsumsi asupan makanan yang tidak seimbang, keterampilan tubuh guna menghasilkan antioksidan malah semakin terganggu dan menurun. Gluthathione pun diketahui menurun pada penderita kanker, HIV, diabetes tipe 2, Parkinson, dan hepatitis.

Karena itu, pada sejumlah orang yang memang mempunyai masalah dengan sistem detoksifikasi dan penyalit kronis, pemakaian suplemen antioksidan paling dianjurkan. Suplementasi antioksidan dapat menolong tubuh meminimalisir beban radikal bebas dan mempercepat pengobatan penyakit.

Sumber antioksidan di samping suplemen

Di samping suplemen, sejumlah makanan yang kaya bakal antioksidan pun dapat dimanfaatkan untuk menambah kadra antioksidan dalam tubuh secara alami dan tidak berlebihan.

Beberapa makanan sumber antioksidan tinggi antara beda adalah:


  1. Alpukat
  2. Bawang putih
  3. Asparagus
  4. Brokoli
  5. Buah berry laksana blackberry, strawberry,bBlueberry

Perlu dikenang pula, bahwa sebelum menyimpulkan untuk mengonsumsi suplemen antioksidan khususnya dalam takaran tinggi, usahakan kita berkonsultasi dahulu ke dokter yang tepat dan dapat menyerahkan arahan yang sesuai. Tingginya asupan antioksidan yang melebihi batas keperluan tubuh malah dapat merusak tubuh sebab antioksidan memiliki keterampilan untuk pulang menjadi radikal bebas.
Perlukah Antioksidan Tambahan dari Suplemen? Perlukah Antioksidan Tambahan dari Suplemen? Reviewed by akbar on 21.13 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.