Penyebab Perut Gatal Di samping Kehamilan Plus Cara Mengatasinya

Sering merasa gatal di perut? Pada sejumlah orang, situasi ini terjadi saat hamil, namun ternyata sebetulnya ada tidak sedikit penyebab dari perut gatal. Lantas, apa saja yang dapat menyebabkan perut gatal?

Berbagai penyebab perut gatal

Perut gatal dapat disebabkan oleh sekian banyak  hal, dari situasi kesehatan yang ringan sampai serius. Berikut ini sejumlah hal yang dapat menyebabkan perut kita terasa gatal, yaitu:

1. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak atau yang biasa dinamakan dengan eksim, dapat muncul dampak reaksi alergi dan iritasi. Biasanya rasa gatal dampak kondisi ini bakal disertai dengan fenomena bengkak. Biasanya iritasi yang terjadi dampak eksim iritan disebabkan oleh:

  • Logam dampak tindik pusar
  • Bahan nikel atau logam di kepala sabuk

Sedangkan situasi eksim alergi dapat disebabkan oleh :

  • Zat atau bahan kimia yang dapat mengakibatkan alergi, laksana deterjen, produk pembersih atau produk kecantikan.

2. Infeksi

Infeksi yang diakibatkan oleh bakteri dan organisme tertentu dapat mengakibatkan perut terasa gatal. Biasanya, orang yang merasakan infeksi di kulit perut akan merasakan rasa gatal di malam hari sampai-sampai tak jarang mengganggu kualitas tidur, urusan ini tidak jarang terjadi pada orang dengan infeksi skabies.

Di samping itu, pada situasi infeksi sebab bakteri hadir perabaan kulit yang hangat dan mungkin menerbitkan nanah pada luka kulit.

3. Gigitan serangga

Gigitan serangga yang tidak disadari dapat membuat perut dan unsur tubuh lainnya terasa gatal. Biasanya urusan ini ditandai dengan benjolan merah kecil yang terasa gatal. Beberapa ciri gampang mengenali gigitan serangga yaitu:

  • Benjolan merah yang berbentuk bulat yang berbentuk kecil dan lama-lama kian membesar, seringkali diakibatkan oleh gigitan nyamuk.
  • Benjolan merah yang mempunyai pola zig-zag, seringkali diakibatkan oleh kutu di kasur Anda.
  • Bintik-bintik merah yang terasa paling gatal di wilayah sekitar pinggang dan perut.

Beberapa serangga ini seringkali menyerang kita di malam hari ketika Anda sedang istirahat pulas.

4. Reaksi obat

Rasa gatal di perut dapat terjadi dampak respon tubuh sesudah meminum obat tertentu. Ruam atau kemerahan di dekat perut dapat menandai reaksi negatif obat terhadap tubuh Anda. Biasanya urusan ini tidak akan dilangsungkan lama dan hanya mempunyai sifat sementara.

Reaksi obat juga seringkali tidak melulu menyerang pada unsur perut saja, namun gatal dan kemerahan terjadi nyaris di semua bagian tubuh. Jika Anda merasakan rasa gatal yang berkepanjangan terdapat baiknya guna segera berkonsultasi ke dokter guna mendapatkan penanganan segera.

5. Psoriasis

Psoriasis ialah penyakit autoimun yang mengakibatkan tubuh terlalu tidak sedikit memproduksi sel kulit. Akibatnya adanya penumpukan sel kulit berlebih yang dapat menyebabkan kulit bersisik, kemerahan, dan terasa gatal.

Biasanya, psoriasis menyerang lutut, siku, dan kulit kepala. Akan tetapi, unsur tubuh lain tergolong perut juga dapat terkena psoriasis. Jika Anda menyaksikan sisik di kulit perut yang berwarna keperakan dan laksana terangkat dampak sel kulit mati yang menumpuk, terdapat baiknya guna mewaspadai bisa jadi psoriasis.

Oleh karena itu, segera konsultasikan ke dokter guna mendapatkan diagnosis yang tepat.

Cara menanggulangi perut gatal

Menggaruk kulit perut yang terasa gatal dapat mengiritasi kulit bila dilaksanakan terus menerus. Bagi itu, menurut keterangan dari American Academy of Dermatology, inilah ini sejumlah hal yang dapat dilakukan untuk menanggulangi perut yang terasa gatal, yaitu:


  • Memakai pakaian yang longgar untuk menangkal baju bergesekan langsung dengan kulit yang dapat memperparah rasa gatal.
  • Memakai baju berbahan katun yang bisa menyerap keringat guna memperparah rasa gatal dampak kondisi kulit yang lembap.
  • Mandi air hangat.
  • Meletakkan kain atau handuk dingin yang lembap di atas perut yang gatal sekitar 5 sampai 10 menit.
  • Menggunakan pelembap tanpa pengharum sesudah mandi atau kapan saja ketika kulit perut tampak kering. kita juga dapat mendinginkan pelembap di dalam kulkas supaya ada sensasi dingin yang dapat membantu meredakan kulit ketika terasa gatal.
  • Menggunakan kortikosteroid yang berbentuk krim maupun minum menurut resep dokter untuk meminimalisir rasa gatal.
  • Mengonsumsi antihistamin minum dan oles untuk meminimalisir rasa gatal yang diresepkan oleh dokter.

Untuk rasa gatal yang disebabkan oleh situasi serius tertentu laksana psoriasis dan alergi obat, Anda dapat langsung mengonsultasikannya ke dokter guna mendapatkan penyembuhan yang tepat cocok kondisi.
Penyebab Perut Gatal Di samping Kehamilan Plus Cara Mengatasinya Penyebab Perut Gatal Di samping Kehamilan Plus Cara Mengatasinya Reviewed by akbar on 22.11 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.