Mengenal Lebih Dalam dengan Penyakit Demam Berdarah (DBD) dan Cara Mengatasinya

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang pengertian penyakit demam berdarah dan juga gejala dan penyebabnya. Penyakit dengan tingkat kematian yang cukup tinggi ini mampu menjadikan Indonesia sebagai negara tertinggi kedua di dunia setelah brazil karena banyaknya kasus demam berdarah yang menimpa Indonesia. Dan tahukah anda berapa jumlah kasus yang membuat Indonesia menjadi peringkat kedua dalam kasus demam berdarah?

Dirangkum dari CiputraLife.com, kasus demam berdarah yang ada di Indonesia sepanjang tahun 2009-2011 adalah sebanyak 1.125 kasus. Sedangkan pada tahun 2013 lalu jumlah penderita demam berdarah di Indonesia mencapai 48.905 orang yang mana 376 kasus berujung pada kematian.

Berdasarkan data tersebut tentu saja tingkat kasus penyakit demam berdarah di Indonesia tergolong sangat memprihatinkan. Dengan jumlah kasus yang sebanyak itu sepertinya sudah harus ada tindakan dari pemerintah untuk memberikan penyuluhan dalam rangka menanggulangi penyakit demam berdarah tersebut. Namun anda tidak usah khawatir karena dalam artikel ini kita akan mengupas tentang pengertian penyakit demam berdarah, gejala dan juga solusi pencegahannya.


Definisi dan Pengertian penyakit demam berdarah

Pengertian penyakit demam berdarah yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang mana virus ini menyebar dan menginfeksi ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk aedes aegypti. Dan ini artinya penyakit demam berdarah tidak akan bisa menular hanya melalui kontak antar manusia. Penularan penyakit demam berdarah bisa terjadi jika terdapat perantara melalui nyamuk tersebut, sama seperti pada penyakit malaria yang diakibatkan oleh nyamuk anopheles. Nyamuk aedes aegypti ini bisa berkembang biak di daerah yang berpenduduk tinggi misalnya kota-kota besar dan juga yang memiliki iklim lembab dan hangat. Dan nyamuk aedes aegypti ini biasanya bersarang di tempat yang kotor dan lembab seperti tempat sampah, toilet dan sebagainya.

Tanda dan Gejala penyakit demam berdarah

Dan yang akan kita bahas selanjutnya dalam artikel pengertian penyakit demam berdarah ini adalah tentang gejalanya. Tanda dan gejala penyakit demam berdarah ini biasanya akan nampak pada tiga hingga empat belas hari setelah masa inkubasi penyakit. Masa inkubasi yang dimaksud adalah jarak waktu yang terjadi antara virus pertama masuk ke dalam tubuh hingga gejala pertama kali muncul. Tanda dan gejala yang pertama ini diawali dengan demam tinggi yang bisa mencapai suhu hingga 41 derajat celcius. Selain itu, badan akan terasa pegal-pegal pada persendian, dan juga akan muncul bintik-bintik merah pada kulit.

Solusi pencegahan penyakit demam berdarah

Solusi dalam mencegah penyakit demam berdarah ini bisa dilakukan dengan membersihkan lingkungan tempat tinggal anda dari sarang nyamuk. Atau bisa juga dengan membersihkan bak mandi secara rutin dan memberikan serbuk abate untuk membunuh jentik-jentik nyamuk. Dan selain itu, dalam upaya mencegah penyakit demam berdarah anda juga harus membersihkan media-media yang memungkinkan untuk menjadi sarang nyamuk seperti penampung air atau wadah-wadah yang bisa menjadi tampungan air. Cara dan solusi pencegahan ini jika dilakukan secara rutin maka anda dan keluarga akan terhindar dari penyakit demam berdarah yang berbahaya ini.

Selain itu cara pencegahan lainnya adalah dengan membekali diri dengan asuransi khusus Demam Berdarah. Tidak banyak memang perusahaan asuransi yang mengeluarkan produk tersebut. Tercatat hanya beberapa perusahaan asuransi saja yang sudah membantu masyarakat untuk menanggulangi penyakit DBD salah satunya adalah asuransi demam berdarah dari Ciputra Life.

Demikian informasi tentang pengertian penyakit demam berdarah. Dan semoga dengan membaca artikel ini anda akan lebih mengerti tentang pengertian penyakit demam berdarah dan juga cara mencegahnya, supaya anda dan keluarga dapat melakukan upaya pencegahan dan terhindar dari penyakit yang mematikan ini.
Mengenal Lebih Dalam dengan Penyakit Demam Berdarah (DBD) dan Cara Mengatasinya Mengenal Lebih Dalam dengan Penyakit Demam Berdarah (DBD) dan Cara Mengatasinya Reviewed by akbar on 08.05 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.