Langkah-Langah Bayar BPJS Online

Pentingnya sebuah asuransi kesehatan bagi setiap warga negara pastinya sudah dipikirkan oleh Pemerintah. Sekarang setiap warga bisa menikmati asuransi kesehatan dengan adanya BPJS Kesehatan yang dapat memberi proteksi lengkap kepada penggunanya. Namun ada sedikit permasalahan terutama pada pembayarannya dimana sekarang bayar BPJS online dianggap memudahkan akan tetapi belum banyak yang memahami langkah-langkahnya.
Ternyata dalam proses pembayaran BPJS online tidaklah sulit, hanya saja Anda butuh pemahaman mengenai langkah-langkahnya serta memiliki beberapa persyaratannya seperti koneksi internet hingga Smartphone, PC komputer ataupun laptop.

Langkah-Langkah Bayar BPJS Online

Karena sistem online saat ini sudah semakin ramai digunakan dalam kegiatan transaksi, maka proses bayar BPJS online tercepat bisa dirasakan oleh penggunanya. Lalu seperti apa langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membayar BPJS online?

  • Persiapkan Fasilitas

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah persiapan fasilitasnya dimana harus terkoneksi dengan internet kemudian tersedia laptop ataupun PC komputer hingga modem. Bila semua fasilitas sudah lengkap maka proses pembayaran bisa dilakukan.

  • Masuk Ke Alamat Website

Setelah terkoneksi dengan internet maka masuklah ke alamat website khusus pembayaran BPJS Online. Anda bisa memanfaatkan website ataupun aplikasi smartphone dimana sekarang sudah banyak tersedia untuk mempermudah proses pendaftarannya. Ketersediaan aplikasi dan website khusus pembayaran BPJS Online akan memberi pengalaman menarik kepada pemilik akses BPJS Kesehatan.

  • Isilah Nomor BPJS

Jika sudah membuka website ataupun aplikasi cobalah pilih menu pendaftaran kemudian isilah kolom nomor BPJS Kesehatan Anda. Dalam proses bayar BPJS kesehatan ini Anda tak boleh salah dalam mengisikan nomor sehingga proses pembayaran bisa berlangsung lancar. Jika sudah mengisikan nomor BPJS maka akan muncul biaya bulanan yang Anda pilih. Jika Anda terlambat membayar iuran premi selama beberapa hari, minggu ataupun bulanan maka jumlah total yang harus dibayar akan diakumulasikan total sehingga muncullah jumlah iuran yang harus Anda bayarkan.

  • Perhatikan Iuran Premi

Mulai tanggal 1 April 2016 besaran dari biaya bayar BPJS Kesehatan sudah disesuaikan dengan update terbaru. Pada kelas III ada iuran premi yang wajib dibayarkan yakni 30 ribu, sedangkan kelas II diberikan iuran premi mencapai 51 ribu, hingga kelas I dengan biaya iuran mencapai 80 ribu per bulannya. Maka dari itu Anda harus hafal dengan besaran biaya iuran premi yang harus dibayarkan setiap bulan.

  • Memilih Proses Transfer

Setelah menyetujui proses pembayaran maka dari pihak website atau aplikasi akan memberi opsi mengenai proses pembayaran yang bisa dilakukan dengan cara transfer melalui ATM, setor tunai, ataupun membayar melalui gerai minimarket yang sudah tersedia. Untuk lebih amannya Anda bisa memiliki transfer via ATM ataupun setor tunai arena biasanya dari gerai minimarket tidak menjamin kesuksesan pembayaran karena koneksi internet lambat dan alasan lain.

  • Simpan Bukti Pembayaran

Jika sudah membayar maka simpanlah bukti pembayaran sebagai tanda bahwa Anda sudah bayar BPJS online secara tepat dan sukses. Bukti pembayaran juga penting sebagai tanda bahwa Anda sudah menerapkan sistem gotong royong di dalam BPJS Kesehatan. Bila perlu cobalah cek kembali apakah status BPJS Kesehatan Anda sudah aktif kembali atau belum setelah melakukan pembayaran. Bagi peserta yang terlambat bahkan sudah mendapat status tidak aktif akan mendapat waktu 2 minggu baru klaim asuransi bisa aktif kembali setelah membayar premi dan denda.
Jadi itulah beberapa cara untuk bayar BPJS online sehingga peserta BPJS Kesehatan bisa tetap menikmati faskes secara optimal dan jangan lupa untuk terus membayar bulanan secara tepat waktu agar terhindar dari denda.
Langkah-Langah Bayar BPJS Online Langkah-Langah Bayar BPJS Online Reviewed by akbar on 08.45 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.