7 Trik Ini Bisa Bantu Mengatasi Bau Mulut Tanpa Sikat Gigi

Apa yang seringkali Anda pakai untuk mengenyahkan bau mulut yang membandel? Tentu langsung sikat gigi, bukan? Namun, saat Anda sedang bepergian atau sedang di luar lokasi tinggal dan tidak membawa sikat gigi, tidak boleh biarkan bau mulut mengganggu kegiatan Anda. Masih ada teknik lain yang dapat Anda kerjakan untuk menanggulangi bau mulut walau tidak membawa sikat gigi. Penasaran apa saja? Simak dalam pembahasan berikut ini, ya.

Trik jitu untuk menanggulangi bau mulut, andai tidak terdapat sikat gigi

1. Makan buah

Selain berfungsi untuk melancarkan metabolisme, ternyata buah pun berperan aktif dalam menghambat kegiatan bakteri penyebab bau mulut. Contohnya buah apel dengan kandungan polifenol yang ampuh untuk memberantas bakteri sekaligus menolong menghilangkan senyawa atau gas yang berbau laksana belerang pada mulut.

Buah-buahan jenis beda yang kaya bakal vitamin C laksana jeruk, stroberi, jambu, dan anggur diandalkan  menghasilkan asam pada mulut guna menangkal bakteri berkembang biak.

Pada dasarnya, seluruh buah yang kaya akan sekian banyak  vitamin dan nutrisi ini ialah salah satu teknik praktis guna menghilangkan bau mulut. Mengapa? Begini, ketika Anda mengunyah buah-buahan maka mulut bakal memproduksi lebih tidak sedikit air liur, yang secara perlahan akan menanggulangi bau mulut.

2. Bersihkan lidah

Meski tidak mempunyai sikat gigi, kita masih dapat membersihkan lokasi mulut, contohnya lidah, memakai alat penggosok lidah. Ada tidak sedikit bakteri yang bersembunyi di lidah dan dapat menjadi sarang penyebab bau mulut.

Untuk itu, pakai alat pembersih lidah dengan teknik menggosok dari unsur pangkal lidah yang sangat dalam lantas tarik sampai ke arah depan. Kemudian akhiri dengan berkumur selama sejumlah kali. Lidah kita pun bakal bersih dan segar kembali.

3. Makan permen karet rasa mint

Berdasarkan keterangan dari drg. Tripti Meysman, pendiri klinik gigi mempunyai nama CityTooth di Minneapolis, Amerika Serikat, santap permen karet dapat menjadi di antara solusi cerdas untuk menanggulangi bau mulut ketika Anda tidak bawa sikat gigi.

Sebaiknya, pilih permen karet rasa mint dan hindari permen karet dengan rasa manis. Sebab, bakteri di dalam mulut dapat memakan kandungan gula yang ada dalam permen karet rasa manis, sehingga lantas menghasilkan asam dalam mulut. Kondisi asam pada mulut dapat merusak enamel gigi sekaligus menyebabkan wewangian napas tidak sedap.

4. Gunakan obat kumur

Menggunakan mouthwash dapat menjadi bantuan kesatu untuk mencuci area mulut andai tidak mempunyai sikat gigi. Di samping ampuh guna menyegarkan wewangian napas berkat rasa mint yang terdapat di dalamnya, obat kumur juga dapat memberi perlindungan tambahan dalam menyingkirkan bakteri.

Untuk menemukan hasil yang terbaik, pastikan Anda memakai obat kumur yang berisi zat aktif guna memberantas bakteri penyebab bau mulut sehingga dapat mengurangi wewangian napas yang tidak sedap.

5. Makan yogurt

Yogurt bisa memperlancar kerja sistem pencernaan. Tidak melulu itu, untuk Anda yang sering merasakan masalah dengan bau mulut, yogurt dapat menjadi di antara pilihan camilan atau minuman terbaik.

Pasalnya, yogurt mempunyai kandungan probiotik yang ampuh menyingkirkan bakteri jahat di mulut serta menurunkan jumlah hidrogen sulfida yang didapatkan oleh bakteri, yang menyebabkan adanya bau khas dari mulut Anda.

Akan tetapi, pilih yogurt plain tanpa rasa, ya, Jangan pilih yang rasa buah-buahan atau cokelat sebab kandungan gulanya dapat jadi berlebihan.

6. Hindari santap makanan sumber bau mulut

Tanpa kita sadari, di balik rasa makanan yang enak ternyata ada sejumlah makanan yang menjadi sumber bau mulut, laksana bawang putih, bawang merah, bawang bombai, petai, dan jengkol. Bahkan menggosok gigi dan berkumur dengan mouthwash juga tidak dapat membantu menyegarkan napas Anda.

Berdasarkan keterangan dari Richard Price, seorang dokter gigi sekaligus juru bicara American Dental Association, senyawa penyebab bau mulut yang terdapat dalam makanan-makanan itu bertahan di mulut Anda, sampai kemudian masuk ke aliran darah dan paru-paru.

Jadi bila Anda sedang tidak bawa sikat gigi, hindari makanan-makanan yang dapat menyebabkan bau mulut, ya.

7. Minum tidak sedikit air putih

Pernahkah saat baru bangun istirahat Anda merasa ada wewangian tidak sedap yang terbit dari mulut? Ya, itu diakibatkan karena buatan air liur yang berkurang ketika Anda tidur. Produksi air liur yang tidak banyak ini merangsang pertumbuhan bakteri, yang lantas akan menghasilkan senyawa sulfur (belerang) sehingga mengakibatkan bau tidak sedap dari mulut.

Nah, teknik yang sangat sederhana dan gampang untuk dilaksanakan untuk menanggulangi bau mulut yaitu dengan minum tidak sedikit air putih, terlebih ketika baru bangun tidur. Pasalnya, bakteri yang mengakibatkan napas kita berbau tidak sedap mempunyai sifat anaerobik, dengan kata lain bakteri itu akan tumbuh subur dalam keadaan yang kering.

Itu sebabnya, air putih berperan untuk mengairi sekaligus menyeimbangkan lokasi dalam mulut kita guna menanggulangi pertumbuhan bakteri tersebut.

Perlu diingat, tujuh teknik di atas hanya dapat dilakukan sebagai bantuan kesatu pada suasana darurat. Tips-tips ini tidak dapat menggantikan pentingnya sikat gigi secara tepat.
7 Trik Ini Bisa Bantu Mengatasi Bau Mulut Tanpa Sikat Gigi 7 Trik Ini Bisa Bantu Mengatasi Bau Mulut Tanpa Sikat Gigi Reviewed by akbar on 20.51 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.